Asyik, Ada 13 Titik Wifi Gratis Di Jogja Berkecepatan Tinggi

JogjaUpdate.com (28/2/17), Kabar gembira buat fakir Wifi di Jogja, karena bakal hadir 13 titik Wifi gratisan. Titik-titik Wifi gratisan yang bakal hadir di sepanjang Tugu hingga Malioboro ini rencananya bakal hadir mulai Maret 2017 mendatang. Dimana saja titik wifi gratis di Jogja ini bakal dipasang?

Menurut yang dirilis Jogja.Tribunnews.com, program bernama Wifi Jogja Istimewa ini bakal berjumlah 13 titik. Pembagian lokasinya antara lain: 3 titik di Kawasan Tugu dan sepanjang Jalan Mangkubumi, 1 titik di Taman Parkir Abu Bakar Ali (ABA), 4 titik di Alun-alun Utara, 2 titik di Alun-alun Selatan, dan 3 titik di Taman Hutan Raya (Tahura).

Tidak sekedar wifi gratis, namun Wifi Jogja Istimewa ini bakal mempunyai kecepatan tolat 100 Mega Byte. Kabid Pengembangan Layanan Teknologi Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY, Sugeng Wahyudi menjelaskan kalau proyek ini menggunkana Dana Istimewa 2017 sebesar Rp 830 juta. Penggunaan dana tersebut termasuk pengadaan alat dan berlangganan koneksi selama 10 bulan.

Setelah direalisasikan, 13 titik wifi gratis ini akan diserahkan pengelolaanya kepada pihak ketiga. Dan ditargetkan bakal selesai terpasang pada bulan Maret 201 ini. “Selanjutnya untuk 13 titik tersebut akan diserahkan pada pihak ketiga. Targetnya Maret ini telah terpasang semua,” kata Sugeng Wahyudi.

Penyerahan pengelolaan kepada pihak ketiga ini karena keterbatasan personil di Pemda DIY. Nantinya Pemda DIY bisa lebih fokus menangani 10 titik wifi Jogja Istimewa yang telah dipasang dua tahun lalu. Seperti diketahui sebelumnya telah dipasang wifi di kawasan Malioboro, dari depan Inna Garuda Malioboro hingga Titik Nol Kilometer.

Pembangunan 10 titik Wifi Jogja Istimewa di Malioboro yang lama ini juga menggunakan Danais sebesar Rp 1,2 miliar. Dan setiap tahunnya menelan biaya perawatan sekitar Rp 170 juta. Namun bedanya dengan 13 Wifi Jogja Istimewa yang baru, wifi yang lama ini memiliki kecepatan cuma 20 Mega Byte saja.

Tidak Butuh Password

Untuk menggunakan Wifi Jogja Istimewa yang gratis ini tidak memerlukan username maupun password. Begitu mengakses akan mendapati disclaimer yang menyatakan akan mengikuti aturan konten positif dari Pemda DIY. Setelah menyetujui barulah dapat menggunakan akses wifi gratis di Jogja untuk chatting, sosial media dan sebagainya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like