Gelar Seni Karya ‘Di Balik Horizon’ di Padepokan Bagong Kussudiardja

‘Di Balik Horizon’ Gelar Seni Karya yang dipersembahkan dan oleh Padepokan Bagong Kussudiardja.
Karya ini Karya ini juga didukung Djarum Apresiasi Budaya dan Empowering Women Artist Yayasan Kelola. Karya ini hadir dalam bentuk teater tari. Pertunjukan ini hadir mengangkat budaya pesisir utara pantai Jawa.karya ini sudah dipentaskan pada tanggal 1-2 November 2013 yang lalu di Padepokan Bagong Kussudiardja, Yogyakarta.

disutradarai dan ditulis oleh Citra Pratiwi, sutradara perempuan peraih Empowering Women Artists 2013. Naskah yang terispirasi dari cerita pendek karya Gabriel Garcia Marquez, The Man With The Enormous Wings.

Kisah-kisah yang diangkat bertemakan mengenai harapan dan keajaiban pada jiwa-jiwa yang sudah tidak memiliki jawaban akan hidupnya, Citra merangkum dunia pesisir, petani garam, dan mitos-mitos yang berada di dalamnya, menjadi sebuah naskah realis fantasi dalam Di Balik Horizon.

Skenografi dan tata artistiknya menghadirkan simbol-simbol mengenai lanskap kehidupan petani garam pesisir melaui karya skenografi dan instalasi perupa muda Doni Maulistya bersama pewujud objek Ambrosius Dhiyan. Imaji yang hadir sebagai image Di Balik Horizon dikuatkan oleh Arfian Yustirianto. Atsmosfer musik diciptakan dan dihadirkan oleh komposer muda Gardika Gigih Pradipta yang menciptakan komposisi bebunyian yang indah. Dengan menghadirkan kekuatan performer lewat bunyi cengkok pesisir dan koreografi tari dan physical teater: Indiartari Kussnowari, Jamaludin Latif, Sulsistiyawati, Risang Rajulungsungsang, dan Roci Marciano akan menghadirkan gelak tawa, rasa syahdu, ketegangan konflik, dan cinta. Cerita dibalut dengan komposisi koreografi yang dinamis. Hadir dalam warna-warna pesisir yang diangkat oleh Gemaila Gea Gerantiana sebagai penata kostum. Gambaran suasana dan kekuatan panggung akan semakin bercahaya dengan tata lampu dari Sugeng Utomo.

Mereka adalah seniman-seniman yang terlibat dengan latar belakang keseniannya masing-masing menghadirkan kekuatan kreasinya dalam penciptaan Teater.karya kolaboratif seniman muda yang menghadirkan kesegaran dalam penghadiran dan penciptaan teater kontemporer Indonesia.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like